Tes Pekerjaan Online – Edukasinewss.com

Tes Pekerjaan Online – Edukasinewss.com

Tes Pekerjaan Online – Ini adalah sesuatu yang jarang digunakan dalam proses rekrutmen dan seleksi perguruan tinggi. Namun, dengan perkembangan Revolusi Industri 4.0, psikotes semakin banyak dilakukan secara online. Mengingat tes psikologi diperlukan dalam banyak proses seleksi karyawan, profesional SDM masih memiliki pendapat yang berbeda tentang platform yang digunakan: offline dan online.

Beberapa profesional SDM lebih suka menggunakan tes psikologi offline untuk seleksi, tetapi tes psikologi online memiliki kelebihan. Misalnya, tes psikologi online sebagian besar aman untuk kandidat dan SDM. Tes psikologi online juga dapat mengurangi waktu dan meningkatkan efisiensi

Tes Pekerjaan Online

Artikel ini akan membahas tentang macam-macam psikotes online, aspek-aspek yang biasa diukur dengan psikotes, contoh dan jenis-jenis psikotes yang umum digunakan dalam rekrutmen, mengapa psikotes online banyak digunakan.

Tes Santri Baru Tahun Pelajaran 2022/2023

Dikutip dalam Britannica, tes psikologi atau psikotes adalah penggunaan tes yang membuat prediksi tentang kekuatan dan kelemahan peserta tes untuk menilai kemampuan, masalah, dan perilaku psikologis seseorang.

See also  Sketsa Sebaiknya Dibuat Lebih Dari Satu Agar

Sementara itu, ada dua definisi ahli dalam tes psikologi. Menurut Cronbach (1984), tes psikologi adalah prosedur standar yang digunakan untuk mengukur kemampuan individu. Menurut Anastasi dan Urbina (1998), psikotes adalah alat ukur yang bertujuan untuk mengukur perilaku tertentu.

Berdasarkan ketiga definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa psikotes adalah suatu proses yang bertujuan untuk mengukur perilaku dan kemampuan seseorang. Tes ini dapat diberikan dalam banyak situasi dan untuk tujuan yang berbeda.

Di sekolah, psikotes digunakan untuk melihat kemampuan akademik siswa, minat, motivasi untuk berhasil, dan gaya belajar yang cocok untuk mereka. Tes psikologi dapat memberikan gambaran umum tentang kecerdasan, minat, bakat, dan kepribadian siswa.

Psikotes Online Karyawan Sistem Proctoring Dan Pengawasan Live

Di tempat kerja, tes psikologi juga memiliki banyak kegunaan. Selain melihat kemampuan dan kesesuaian calon karyawan yang melamar posisi saat rekrutmen, tes psikologi juga dapat digunakan untuk menilai dan memprediksi potensi promosi seseorang, menilai kebutuhan pelatihan karyawan, mengukur kecerdasan, dan mengidentifikasi kepribadian potensial. . Memprediksi karyawan dan kinerja pekerjaan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa psikotes memiliki manfaat untuk berbagai kebutuhan pengembangan bakat di suatu perusahaan.

See also  Buku Mimpi 2d Terlengkap Abjad

Seiring dengan kegunaan yang berbeda tersebut, ada banyak aspek yang dapat diukur dengan tes psikologi. Beberapa aspek yang biasa diukur dengan minat di tempat kerja adalah kemampuan kognitif (

, adalah kemampuan seseorang untuk menerima dan memproses berbagai jenis informasi. Kemampuan ini meliputi kemampuan mengingat, membaca, mempelajari hal-hal baru, menganalisis, mengambil keputusan, berbicara dan berkonsentrasi.

Dalam dunia kerja, kemampuan kognitif menentukan kemampuan seseorang dalam mengidentifikasi, memahami, dan memecahkan masalah. Posisi dan posisi yang berbeda membutuhkan keterampilan kognitif yang berbeda pada tingkat yang berbeda.

Kenapa Tes Kepribadian Sangat Disarankan Bagi Pencaker?

) yang kompleks dan mempengaruhi banyak aspek yang membutuhkan keterampilan kognitif yang berbeda dari tugas yang dilakukan oleh karyawan yang mencakup keterampilan administrasi, di mana diperlukan kerja yang hati-hati dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sama pentingnya dalam dunia kerja. Kompetensi seperti kepemimpinan, kerja tim dan keterampilan komunikasi adalah keterampilan non-spesifik yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Namun, penguasaan keterampilan ini mendukung kinerja seseorang.

See also  Apa Itu Cook Helper - Edukasinewss.com

Faktanya, menurut Survei Pembelajaran LinkedIn 2018, 57% pemimpin bisnis menganggap bakat lebih penting daripada keterampilan teknis. Dalam konteks pekerjaan, mereka yang memahami masalah teknis juga membutuhkan keterampilan komunikasi atau presentasi yang baik untuk dapat menjelaskan masalah tersebut kepada orang lain. Oleh karena itu, banyak posisi mengharuskan karyawan untuk berkoordinasi dengan atasan dan kolega

Nilai kecocokan kandidat dengan budaya dan nilai-nilai organisasi dan dapatkan gambaran tentang motivasi kerja, aspek dan nilai motivasi; atau

Wajib Tahu! Ragam Tes Psikotes Kerja Terbaru Dan Trik Menjawabnya

Nilai-nilai tersebut melekat dimana seseorang memperoleh kepuasan dari apa yang dilakukannya, misalnya ketika dapat mempengaruhi dan membantu kehidupan orang lain. Di sisi lain, nilai ini juga dapat bersifat ekstrinsik dimana seseorang lebih termotivasi oleh hal-hal yang dicapai di luar dirinya dan pekerjaannya, seperti kompensasi, pengakuan dan status.

#Tes #Pekerjaan #Online #Edukasinewss.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *